Informasi Pendaftaran CPPDS
SYARAT PENDAFTARAN DAN TAHAPAN SELEKSI CPPDS FK ULM
Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis sudah mulai menerapkan sistem online yang dapat diakses pada laman admisiprofesi.ulm.ac.id/login Informasi lebih lanjut kunjungi Website TKPPDS FK ULM Klik Disini
JADWAL SELEKSI PENERIMAAN
Seleksi untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis diselenggarakan 2 kali dalam satu tahun akademik dilakukan serempak untuk program regular dan program Khusus, periode pendaftaran adalah sebagai berikut:
- Periode Februari
-
- Pendaftaran diselenggarakan mulai Oktober s.d. Desember
- Tes Seleksi dilaksanakan pada bulan Januari
- Mulai Pendidikan Bulan Februari
- Periode September
-
- Pendaftaran diselenggarakan mulai Juni s.d. Juli
- Tes Seleksi dilaksanakan pada bulan Agustus
- Mulai Pendidikan Bulan September
Periode penerimaan sebagaimana disebutkan diatas jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.
JALUR PENERIMAAN
- Jalur Reguler adalah Jalur seleksi melalui Tes dengan mengutamakan kemampuan akademis yang baik, kesehatan fisik dan mental yang baik.
- Jalur Program Khusus adalah penerimaan calon mahasiswa utusan Instansi Pemerintah Pusat/Daerah, Program Kerjasama dengan Fakultas Kedokteran ULM.
PERSYARATAN UMUM
- Mengisi Formulir Pendaftaran;
- Daftar Riwayat Hidup (DRH) atau Curriculum Vitae (CV);
- IPK Minimal 2,75 berdasarkan Permendikbud No.49 tahun 2014;(sks s.ked x ipk sked) + (sks dokter x ipk dokter)/(sks s.ked + sks dokter)
- Usia maksimal dihitung saat mulai pendidikan (1 Februari – 1 September); 35 Tahun
- SK CPNS /PNS (jika seorang CASN/ASN);
- Surat Ijin Mengikuti Pendidikan/Tugas Belajar dari Kepala Instansi yang bersangkutan;
- Surat Rekomendasi bekerja dari Instansi/Rumah Sakit/Swasta;
- Surat Rekomendasi dari IDI setempat;
- Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi;
- STR / bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedokteran Indonesia (STR Dokter Umum bukan STR Internship);
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
- Sertifikat Nilai UKDI/UKMPPD;
- Memiliki asuransi BPJS dan atau Asuransi Kesehatan Lain;
- Tidak sedang mendaftar ditempat lain (selain PPDS FK ULM); dan tidak sedang menjalani pendidikan yang dinyatakan dalam surat pernyataan bertanda tangan diatas materai.
- Surat Rekomendasi Dokter Spesialis sesuai Program Studi Pilihan;
- Surat Pernyataan Persetujuan suami/Istri (bagi yang sudah menikah) atau orang tua bagi yang belum menikah;
- Melengkapi persyaratan khusus dari Program Studi;
* Ketentuan persyaratan umum dipertimbangkan Program Studi.
PERSYARATAN KHUSUS
Anestesiologi
(*Persyaratan dapat berubah sewaktu-waktu)
- Usia Maksimal 35 Tahun saat mulai pendidikan
- TOEFL ≥ 475
- Telah mengikuti ATLS dan ACLS (Lampirkan Sertifikat)
- Hasil Pemeriksaan HbsAg Negatif (Lampirkan bukti pemeriksaan)
- Tidak sedang hamil saat mendaftar, dan bersedia tidak hamil selama 1 tahun pertama pendidikan.
- Bersedia untuk tidak cuti akademik dalam 1 tahun pertama pendidikan
TAHAPAN SELEKSI
ALUR PENDAFTARAN
- Calon mahasiswa mengakses laman admisiprofesi.ulm.ac.id/login, kemudian pilih tombol registrasi dan daftarkan email dan nama di kolom pendaftaran;
- Jika email valid, calon mahasiswa akan mendapatkan email di inbox atau spam berupa password;
- Calon mahasiswa dapat login menggunakan email dan password yang didapatkan, Ketika berhasil login untuk pertama kali, calon mahasiswa akan diminta mengganti password default;
- Calon mahasiswa menginputkan formulir dan berkas yang diminta, berkas yang diminta antara lain :
- Pas Foto Latar Merah 3×4 Terbaru;
- Formulir Pendaftaran; (FORMULIR PENDAFTARAN FORMAT TERBARU)
- Daftar Riwayat Hidup (DRH);
- Ijazah (S.Ked dan Profesi);
- Transkrip (S.Ked dan Profesi);
- Perhitungan IP Kumulatif;
- Sertifikat Akreditasi saat peserta lulus Dokter dan saat pendaftaran PPDS FK ULM;
- SK CPNS/PNS/ Perjanjian Kerja; (*Program Khusus)
- Surat Ijin Belajar/Tugas Belajar; (*Program Khusus)
- Surat Rekomendasi bekerja dari Instansi/Rumah Sakit/Swasta
- Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi dan atau Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pendidikan di atas materai; Format Surat Keterangan Sumber Pembiayaan
- Surat rekomendasi dari IDI;
- STR / bukti telah mengurus STR dari KKI;
- SKCK;
- Sertifikat Nilai UKDI;
- KTP;
- Kartu Keluarga;
- BPJS atau Asuransi Kesehatan Lainnya;
- Surat Pernyataan tidak sedang mendaftar ditempat lain (selain PPDS FK ULM) dan tidak sedang menjalani pendidikan; Format Surat Pernyataan
- Surat Rekomendasi dari Dokter Spesialis sesuai program studi yang dipilih; Format Surat Rekomendasi
- Surat Pernyataan Persetujuan Suami/Istri (bagi yang sudah menikah) atau orang tua bagi yang belum menikah;
- Syarat khusus masing-masing prodi. (apabila persyaratan jika ada, silahkan upload kertas hvs kosong)
- Jika formulir dan berkas sudah benar, calon mahasiswa dapat memvalidasi formulir dan berkas untuk diperiksa oleh admin admisi. Berkas yang sudah divalidasi calon mahasiswa tidak dapat diedit kembali;
- Jika admin admisi menyatakan formulir dan berkas calon mahasiswa lulus verifikasi, maka calon mahasiswa akan mendapatkan no. billing pembayaran pendaftaran di email masing-masing;
- Dan jika admin admisi mengembalikan berkas yang dikirim harap segera mengirimkan ulang berkasnya sesuai dengan permintaan perbaikan dari sekretariat TKP PPDS apabila permintaan perbaikan dari admin kurang jelas dimohon langsung konfirmasi ke Sektretariat TKP PPDS.
- Proses verifikasi akan dilakukan oleh admin admisi paling lambat 3 x 24 Jam, setelah berkas dikirimkan;
- Dimohon kepada calon mahasiswa selalu mencek secara berkala akun admisi masing-masing;
- Calon mahasiswa diwajibkan langsung membayar tagihan menggunakan NO. BILLING di Teller, Mobile Banking dan ATM BANK BNI, apabila calon mahasiswa tidak membayar pendaftaran sampai batas akhir pendaftaran maka kami nyatakan gagal;
- Tata Cara Pembayaran Pendaftaran PPDS FK ULM
- Jika calon mahasiswa sudah membayar, maka admin profesi akan men-generate kartu ujian;
- Calon mahasiswa wajib mencetak kartu ujian di akun masing-masing;
Tahap I.
- Pendaftaran
- Proses verifikasi oleh admin admisi
- Cek list Berkas ( Cek Keaslian Berkas, Hasil Cek list berupa surat keterangan keaslian ditanda tangani oleh 3 orang yaitu : prodi, tkp, peserta)
- Pemeriksaan Berkas-berkas dan syarat-syarat administrasi, antara lain:
- Syarat Umum
- Syarat Khusus (Masing-masing Program Studi)
- Rapat Tes Seleksi Tahap I (dihadiri oleh TKP PPDS, KPS dan SPS)
Tahap II.
- Tes PPDS Tahap II yaitu : TPA, TOEFL, Psikotes, Tes Kesehatan (Koordinasi dengan tim bapennas, Lab.Universitas dll)
- Penyampaian Hasil Tes ke Prodi Masing-masing
Tahap III.
- Tes Tertulis dan OSCE dan atau Wawancara sesuai dengan Program Studi pilihan
- Rapat Tes Seleksi Tahap II (dihadiri oleh TKP PPDS, KPS dan SPS)
- Pengumuman hasil tes seleksi tahap II dan tes tahap I
*Catatan : Untuk Pendaftaran dan Informasi Lebih lanjut dilakukan pada jam kerja waktu setempat (08.00-15.00 Wita), lebih dari jam kerja mohon maaf tidak kami layanan