BeritaPendidikPeserta Didik

Prodi Spesialis Anestesiologi FKIK ULM Tingkatkan Mutu dalam AMI dari UPM FKIK ULM

Foto bersama tim auditor AMI UPM FKIK ULM

Program Studi Spesialis Anestesiologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Langkah terbaru yang diambil adalah pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) oleh Unit Penjamin Mutu (UPM) FKIK ULM.

Audit ini merupakan bagian dari pelaksanaan AMI yang dilakukan setiap tahun, dimana setiap tahunnya dilaksanakan dua kali audit: satu dari fakultas dan satu dari universitas. AMI yang baru saja dilaksanakan merupakan audit dari fakultas, yang bertujuan untuk memastikan seluruh proses akademik di program studi berjalan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan AMI ini dilakukan secara daring melalui platform ZOOM pada tanggal 11 Juli 2024. Proses audit diawali dengan penginputan dokumen pendukung yang berlangsung dari tanggal 10 Juni 2024 hingga 30 Juni 2024. Audit ini dilakukan oleh dua auditor berpengalaman, yaitu:

  • Auditor 1: Fakhriyah, S.ST., M.Kes
  • Auditor 2: Meydisa Utami Tanau, M.Psi., Psikolog

Berbagai aspek dievaluasi dalam audit ini, termasuk kurikulum, metode pengajaran, fasilitas, serta kinerja dosen dan mahasiswa. Tim auditor dari UPM FKIK ULM mengadakan serangkaian pertemuan dengan pihak program studi, melakukan observasi langsung, dan meninjau berbagai dokumen pendukung.

Audit ini dihadiri oleh tiga dosen dari prodi anestesiologi, yaitu:

  • dr. Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp. N.An (K)
  • Mahendratama Purnama Adhi, Sp.An-TI, Subsp. An.Ped (K)
  • Rapto Hardian, Sp.An, KAKV

Selain itu, mahasiswa dan tenaga kependidikan dari prodi anestesiologi juga turut hadir dalam audit ini.

Dokumentasi kegiatan AMI dari UPM FKIK ULM

Tahun ini, Prodi Spesialis Anestesiologi berhasil meraih nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menunjukkan peningkatan signifikan dalam berbagai aspek. Hasil dari audit ini akan dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut di Program Studi Spesialis Anestesiologi FKIK ULM. Dengan demikian, diharapkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di program studi ini semakin meningkat, memberikan kontribusi positif bagi dunia kesehatan di Indonesia. Selain itu, prodi ini juga siap menghadapi AMI dari universitas yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *