Berita

Pelaksanaan Pakta Integritas PPDS Anestesiologi FKIK ULM

Foto Bersama Yudisium Program Studi Spesialis Anestesiologi FKIK ULM

Banjarmasin – Sabtu, 3 Februari 2024, pukul 09.00 WITA, telah dilaksanakan acara penandatanganan Pakta Integritas berlangsung di KSM/Dept Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat, Gedung IGD Lantai 4. Empat residen baru Program Studi Spesialis Anestesiologi FKIK ULM, bersama dengan tiga residen dari angkatan September 2023, resmi menandatangani pakta tersebut setelah melewati serangkaian ujian seleksi di Program Studi Spesialis Anestesiologi FKIK ULM – RSUD Ulin Banjarmasin. 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh dr. Rapto Hardian selaku Kepala Departemen Anestesiologi, Dr. dr Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp. N.An (K) selaku Koordinator Program Studi, serta beberapa Staf Dosen dengan memberikan ucapan selamat kepada residen baru yang telah lulus seleksi. Kegiatan pelaksanaan Pakta Integritas ini di dampingi juga oleh Trinovita Kristiprabawani, SH,MKn, MH,LLM selaku notaris. Kegiatan Pakta Integritas diawali dengan sambutan oleh Dr. dr. Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp.N.An (K) selaku KPS dilanjutkan dengan Pengarahan oleh Gugus Penjamin Mutu (GPM) Prodi Spesialis Anestesiologi oleh dr. Iwan Nuryawan, M.Si.Med, Sp.An-TI, Subsp.An.O (K). Penandatanganan berjalan lancar oleh pihak-pihak terkait, disertai oleh pendamping atau perwakilan keluarga residen sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen moral mereka.

Pelaksanaan Pakta Integritas Sabtu, 03 Februari 2024 PPDS Anestesiologi FKIK ULM

Proses penandatanganan Pakta Integritas dilakukan secara khidmat dihadapan para pihak terkait. Keempat residen baru dan tiga residen angkatan september 2023 ini menunjukkan keseriusan dan rasa tanggung jawab mereka menjalani  pendidikannya sebagai residen anestesiologi. Penandatanganan ini juga dilakukan di hadapan pendamping atau perwakilan keluarga masing-masing residen, sehingga keluarga mereka juga turut memahami dan mendukung komitmen yang diambil oleh anak, saudara, atau pasangan mereka.

Pakta Integritas ini bukan hanya formalitas semata, melainkan sebuah komitmen moral untuk mematuhi etika, profesionalisme, dan kualitas dalam praktik kedokteran. Selain menjaga kepercayaan pasien, pakta ini juga mencakup komunikasi yang positif dengan sesama tenaga medis dan komitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Acara penandatanganan Pakta Integritas juga menjadi momen refleksi bagi residen baru, di mana mereka dapat merenung tentang peran mereka dalam sistem kesehatan dan dampak langsung yang dapat mereka berikan kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi dan misi FKIK ULM yang mampu melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang bermartabat dan berkualitas dalam mengembangkan IPTEKDOK.

Acara ini juga menjadi kesempatan bagi residen dari angkatan September 2023 untuk memahami peran mereka dalam sistem kesehatan dan dampak yang mereka berikan kepada masyarakat, sesuai dengan visi dan misi FKIK ULM. Dengan penandatanganan ini, diharapkan residen dapat melangkah dengan keyakinan, dedikasi, dan tanggung jawab tinggi, serta menjadi agen perubahan positif dalam praktik medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *