BeritaKegiatanPendidikPeserta Didik

Workshop Enhaced Recovery After Surgery (ERAS) | PS Spesialis Anestesiologi FK ULM dan PERDATIN Cabang Kal-Sel

Banjarmasin – Program Studi Spesilis Anestesiologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat bersama Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) Cabang Kalimantan Selatan telah melaksanakan kegiatan Workshop Enhaced Recovery After Surgery (ERAS) yang di support oleh PT. Finusolprima Farma Internasional (a Kalbe Company). Kegiatan workshop ini dilakasanakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 di FUGO Hotel Banjarmasin dimulai pada pukul 09.00 WITA s.d selesai.

Foto Bersama Para Peserta dan Pembicara Workshop ERAS

Enhanced recovery after surgery atau ERAS adalah suatu protokol perawatan perioperasi terstandar multidisiplin pada pasien bedah yang bertujuan untuk meminimalkan stres perioperasi sehingga menghasilkan luaran yang lebih baik. Protokol ERAS tersusun dari berbagai komponen perawatan yang terbukti mendukung pemulihan dan/atau menghindari komplikasi pascaoperasi. Komponen-komponen tersebut mengikutsertakan ahli bedah, ahli anestesi, perawat, farmasi, ahli gizi yang terlibat dalam perawatan pasien sehingga memberikan perbaikan yang lebih baik. Protokol ERAS tersusun dari berbagai komponen perawatan dari mulai praoperasi (konseling, pemberian nutrisi, pengelolaan kebiasaan, trombofilaksis, persiapan daerah operasi dan profilaksis antimikroba), intraoperasi (teknik anestesi, manajemen anestesi, analgesia, manajemen cairan, pengaturan suhu, teknik pembedahan) hingga pascaoperasi (kejadian post-operative nausea and vomiting (PONV), drainase urin, asupan nutrisi, mobilisasi dini).

Prinsip dasar ERAS meliputi perhatian pada hal-hal berikut: konseling pra operasi dan strategi nutrisi, termasuk menghindari puasa perioperatif yang berkepanjangan; pertimbangan perioperatif, termasuk fokus pada anestesi regional dan pendekatan analgesik nonopioid, keseimbangan cairan, dan pemeliharaan normotermia; dan promosi strategi pemulihan pasca operasi, termasuk mobilisasi dini dan tromboprofilaksis yang tepat.

Pembicara dan Moderator Kegiatan Workshop ERAS

Kegiatan yang dilaksanakan ini menghadirkan 3 (tiga) pembicara yang membawakan materi seputar ERAS, adapun pembicara pertama adalah Dr. dr. Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp. N.An (K), pembicara kedua adalah dr. Dhanny Budipratama, Sp.An-TI, Subsp. T.I (K), dan pembicara ketiga adalah dr. Mirza Koeshardiandi, Sp.An-TI, FIPM, FIPP. Kegiatan di awali dengan pembukaan oleh Ketua PERDATIN Cab. Kal – Sel terbaru yaitu dr. Fakhruddin Noor, Sp.An-TI, M.Kes, kemudian kegiatan berlanjut dengan Poolling ERAS melalui Scan Barcode/Link Google Form para peserta diperkenankan untuk mengisi dengan durasi waktu pengisian sekitar 20 menit, kegiatan pun di ambil alih oleh meoderator acara yaitu dr. Danny Sandhi Arivianto, Sp.An-TI beliau merupakan lulusan PPDS di Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM yang angkatan pertama lulus.

Penyerahan Sertifikat Pembicara oleh dr. Fakhruddin Noor, Sp.An-TI, M.Kes Ketua PERDATIN Cab. Kal-Sel

Penyampaian materi di berikan waktu kurang lebih 30 menit untuk masing – masing pembicara. Materi pertama yang dibawakan adalah Preoperative ERAS, materi kedua yaitu adalah Intraoperative ERAS, materi ketiga Postoperative ERAS. Kemudian setelah penyampain materi yang di bawakan ke tiga pembicara selesai, maka kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antar peserta dan pembicara, kemudian panitia menampilkan video ERAS, dilanjutkan dengan membahas terakait Poolling ERAS yang tadi diisi sebelum memulai kegiatan. Dengan adanya  Wokrshop ERAS ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua peserta yang berhadir dan agar bisa di amalkan atau diterapkan pada kehidupan sehari-hari dalam kegiatan membius pasien kata salah satu pembicara. Setelah diskusi ERAS berakhir maka dilakukan foto bersama dengan para peserta dan pembicara sekaligus penutupan kegiatan acara oleh Ketua PERDATIN Cab. Kal – Sel dengan penyerahan sertifikat pembicara secara langsung. (syf/pwn).

 

Nama Penulis : Syarif Hidayatullah, S.Pd

Program Studi : Sp-1 Anestesiologi

Nama Editor : dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked

Tanggal Penulisan : 21  Agustus 2023

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *