BeritaKegiatanPendidik

Pelaksanaan Audit Mutu Internal UPM FK ULM di PS Spesialis Anestesiologi FK ULM

Banjarmasin – Rabu, 12 Juli 2023 telah dilaksanakan Audit Mutu Internal Unit Penjaminan Mutu FK ULM (AMI UPM) di Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM yang diadakan secara hybrid dihadiri oleh Koordinator Program Studi Dr. dr. Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp. N.An (K), dan Pjs. Kepala Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif dr. Mahendratama Purnama Adhi, Sp.An-TI, Subsp. An.Ped (K), dan Tenaga Kependidikan Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM yang bertempat di Gedung IGD Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FK ULM – RSUD Ulin Banjarmasin. Adapun auditor AMI UPM FK ULM adalah Bapak Sukma Noor Akbar, S.Psi, M.Psi sebagai auditor I dan Ibu Fakhriyah, S.ST., M.Kes sebagai auditor II yang berhadir pada aplikasi Zoom Meeting.

Foto Bersama Tim Auditor AMI UPM FK ULM

Audit Mutu Internal UPM FK ULM di mulai dari Pukul 09.00 yang dibuka langsung oleh Bapak Sukma Noor Akbar, S.Psi, M.Psi dan Fakhriyah, S.ST., M.Kes, kegiatan ini di awali dengan memperlihatkan poin pertanyaan seputar Pendidikan yang sesuai dengan borang akreditasi pada kriteria 6 tentang Pendidikan. Berhubung Program Studi Spesiali Anestesiologi FK ULM baru saja melakukan asesmen lapangan akreditasi dari LAM-PTKes maka auditor sudah memahami dan mengeri dari borang jawaban ataupun file pendukung yang di upload sebelum audit berlangsung. Ada beberapa temuan dan saran dari auditor seperti mengenai kurikulum, kata Pak Sukma Evaluasi dan pemutakahiran kurikulum melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal untuk review dari pakar masih dalam bentuk workshop gabungan, bukan diselenggarakan sendiri”, dan kata Ibu Fakhriyah Workshop Kurikulum masih mengikuti Workshop yang diadakan KATI. Belum ada pelaksanaan Workshop dari Program Studi yang melibatkan internal dan eksternal. Dalam hal temuan lain untuk berkas kegiatan perkuliahan, kuliah tamu, dan lainnya harap di lengkapi seperti undangan, daftar hadir, serta materinya.

Foto Kegiatan AMI UPM FK ULM di Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif

Dalam hal ini Program Studi menindaklanjuti kedapan nantinya akan mengadakan Workshop kurikulum tersendiri sekaligus review 5 tahunan kurikulum pembelajaran. Adapun hasil Audit Mutu Internal yang dilakasanakan ini, penilaian Pogram Studi tidak jauh berbeda dari penilaian auditor I dan auditor II. Versi Program Studi memilih nilai 4 semua pada borang pertanyaan, sedangkan versi auditor untuk poin pertanyaan terkait kurikulum memilih 3  saja, hal ini dikarenakan belum adanya pelaksanakan Workshop kurikulum yang diadakan Program Studi sendiri dan mengundang pihak internal dan eksternal, Program Studi sejauh ini masih mengikuti Workshop Kurikulum yang di akan oleh Kolegium Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (KATI) dan lainnya belum mengadakan sendiri.

Dari berita acara dan nilai akhir Audit Mutu Internal oleh UPM FK ULM ini didapatkan nilai yang baik hampir seluruh poin pada borang mendapatkan komentar atau saran yang baik dari tim asesor, berupa dapat dipertahankan dan di jaga konsestensinya. Masih ada beberapa catatan penting yang harus di perhatikan Program Studi terkait kurikulum dan lainnya. Semoga kedepannya Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM dapat menjadi lebih baik lagi. (syf/pwn).

 

Nama Penulis : Syarif Hidayatullah, S.Pd

Program Studi : Sp-1 Anestesiologi

Nama Editor : dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked

Tanggal Penulisan : 13 Juli 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *