Asesmen Lapangan Akreditasi PS Spesialis Anestesiologi FK ULM oleh Tim Asesor LAM-PTKes
Foto Bersama Tim Asesor Bersama Dekanat FK ULM dan PS Spesialis Anestesi
Banjarmasin – Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012). Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi, dan dilakukan dengan tujuan untuk:
- Menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik di bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.
Menurut Pasal 12 ayat (2) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 5 Tahun 2020, tahapan akreditasi terdiri atas:
- Evaluasi data dan informasi;
- Penetapan status akreditasi dan peringkat terakreditasi; dan
- Pemantauan dan evaluasi status akreditasi dan peringkat terakreditasi.
Tahap evaluasi data dan informasi merupakan proses penilaian terhadap permohonan yang diajukan oleh Program Studi ke LAM-PTKes. Evaluasi kecukupan atas data dan informasi sebagaimana dimaksud pada Pasal 13 ayat (1) huruf b dilakukan oleh asesor dilakukan oleh asesor (Pasal 13 ayat (2) Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020). Dalam evaluasi tersebut, asesor LAM-PTKes menggunakan data dan informasi dokumen kinerja PS dan evaluasi diri PS beserta barang bukti berupa dokumen yang diupload di SIMAK LAM-PTKes yang diajukan oleh Program Studi.
Salah satu tahap dari proses akreditasi ialah melakukan asesmen lapangan untuk mendapatkan bukti melalui verifikasi, validasi, klarifikasi data dan informasi yang disajikan dalam dokumen kinerja dan laporan evaluasi diri, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang bersangkutan. Visitasi lapangan dilaksanakan paling lambat 1 (satu) bulan sebelum masa akreditasi berakhir. Visitasi lapangan memberikan penilaian yang komprehensif dan tuntas terhadap bukti yang disajikan oleh UPPS dan PS, sehingga mungkin dapat terjadi peningkatan atau penurunan peringkat sesuai bukti. Kegiatan Visitasi Lapangan dilaksanakan selama 2 (dua) hari kerja.
Asesmen lapangan akreditasi Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM oleh tim asesor LAM-PTKes dilaksanakan pada hari Rabu s.d Kamis, 05 – 07 Juli 2023 yang bertempat pada Departemen Anestesiologi FK ULM – RSUD Ulin Banjarmasin. Hari pertama penjemputan dan pembukaan serta wawancara dengan UPPS dan PS serta pihak terkait, hari kedua telusur dokumen kriteria 1 – 9, serta wawancara dengan dosen, peserta didik, dan tenaga kependidikan, kemudian penandatanganan asesmen lapangan akreditasi. Hari ketiga kepulangan tim asesor.
Adapun pihak terkait ikut berhadir pada kegiatan asesmen lapangan akreditasi selain dari pada dosen, peserta didik, dan tenaga kependidikan program studi adalah :
Nama | Jabatan |
---|---|
Dr. dr. Hamzah, Sp.An-TI, Subsp. N.An.(K) Subsp. T.I(K) | Asesor LAM-PTKes |
Dr. dr. Sudadi, SpAn-TI, Subsp.N.An (K), Subsp.An.R(K) | Asesor LAM-PTKes |
Prof. Dr. Ahmad Alim Bachri, S.E., M.Si | Rektor ULM |
Dr. dr. Iwan Aflanie, M.Kes. Sp. F. SH | Wakil Rektor bidang Akademik |
Dr. dr. Istiana, M.Kes | Dekan FK ULM |
dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D | Wakil Dekan Bidang Akademik |
Dr. Meitria Syahadatina Noor, dr., M. Kes | Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan |
Fauzie Rahman, SKM, MPH | Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni |
Prof. Agung Nugroho, S.T.P.Msc.Ph.D | Ketua UPKH FK ULM |
Agianto,S.Kep, NS., M.N.S.,Ph.D | Ketua LPM ULM |
Candra, S.Pi, M.Si | Anggota LPM |
Ratna Setyaningrum, SKM. M. Sc | Ketua UPM FK ULM |
dr. Diauddin. M.kes | Plt. Direktur RSUD Ulin Banjarmasin |
Thaufik Hidayat, S.Sos, M.Si | Wakil Direktur Penunjang Non Medik Hukum dan Diklat |
dr. Yuddy Riswandhy Noora, M.Kes | Wakil Direktur Medik dan Keperawatan |
Dr. dr. Achmad Rofi’i, Sp. THT-KL | Ketua Komkordik |
Rohana, Sag, M.A | Kepala Bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian Serta Mutu |
Adapun tim akreditasi sebagai berikut:
Jabatan | Nama | Deskripsi Tugas | |
Pelindung | : | Dr. dr. Istiana, M.Kes | Memberikan perlindungan, pengayoman pada panitia dan memebrikan dorongan saran dan bantuan moril maupun materiil dalam proses akreditasi |
Pengarah | : | dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, Ph.D
dr. Istiana, M.Kes Fauzie Rahman, SKM, MPH |
Memberikan pengarahan dalam penyusunan dokumen kinerja dan evaluasi diri UPPS maupun PS secara objektif dan komprehensif serta segala persiapan dan pelaksanaan visitasi akreditasi |
Pendamping | : | Prof. Dr. Ir. Muhammad Ahsin Rifa’i, M.Si
Chandra, S.Pi, M.Si |
Memberikan pendampingan dalam proses akreditasi PS |
Penanggung Jawab | : | Dr. dr. Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An, KNA | Bertanggung jawab melaksanakan supervisi, dan koreksi terhadap dokumen evaluasi diri |
Ketua Tim | : | dr. Rapto Hardian, SpAn, KAKV | Koordinasi seluruh proses persiapan akreditasi |
Sekretaris | : | dr. Rory Denny Saputra, SpAn, MSc | Bertanggungjawab terhadap surat menyurat dan kelengkapan dokumen penunjang |
Koordinator Kriteria | : | Dr. dr. Kenanga Marwan Sikumbang, SpAn, KNA | Kriteria 1 dan 2 |
dr. Oky Susianto, SpAn, KIC | Kriteria 3 | ||
dr. Mahendratama Purnama Adhi, SpAn | Kriteria 4 | ||
dr. Andri L. Tobing, SpAn, MKes | Kriteria 5 | ||
dr. Rapto Hardian, SpAn, KAKV | Kriteria 6 | ||
dr. Rory Denny Saputra, SpAn, MSc | Kriteria 7 | ||
dr. Iwan Nuryawan SpAn, MSi.Med, KAO | Kriteria 8 | ||
dr. Bagus Fajar Rochman, SpAn | Kriteria 9 | ||
Anggota Kriteria | : | Syarif Hidayatullah, S.Pd. | Kriteria 1, 2, dan 6 |
Nita Paramita, S.Ab | Kriteria 3 dan 4 | ||
Regina Bella Syafira, S.Ak | Kriteria 5 | ||
Lia Mayana, S.Pd | Kriteria 7, 8 dan 9 |
Presentasi UPPS
Kegiatan di awali dengan pembukaan kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan susunan acara dan tatib kegiatan, sambutan-sambutan, kemudian foto bersama, dilanjutkan dengan presentasi oleh UPPS dan PS. Kegiatan hari pertama telah selesai.
Proses Wawancara asesor I dengan tim akreditasi mengenai barang bukti borang akreditasi
Kegiatan hari kedua, Kamis, 06 Juli 2023 dimulai pada Pukul 09.00 WITA acara di awali dan dipimpin oleh tim asesor, asesor 2 melakukan konfirmasi data kriteria 1 – 9 dengan PS, asesor II melakukan wawancara dengan perwakilan staf pengajar, peserta didik, dan tenaga kependidikan. Kemudian asesor II melakukan sesi kunjungan ke ruangan yang ada di PS dan rumah sakit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kerja mandiri tim asesor untuk penyiapan penilaian hasil AL dan draf berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. Setelah itu, tim asesor melakukan penandatanganan dengan PS di saksikan oleh dekanat FK ULM sekaligus berakhir nya kegiatan acara. Kegiatan kemudian di akhiri dengan foto bersama Kembali tim asesor dengan dekanat FK ULM dan PS. Hari ketiga, 07 Juli 2023 pukul 09.00 WITA kepulangan tim asesor.
Asesmen lapangan akreditasi Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM oleh Tim Asesor LAM-PTKes telah terlaksana dengan baik, mesikupun demikian ada beberapa yang perlu menjadi catatan bagi UPPS dan PS. Semoga dengan adanya proses asesmen lapangan ini menjadi langkah awal untuk PS agar menjadi lebih baik, terutama dibidang tridharma perguruan tinggi. Dan semoga mendapatkan apa yang di cita-citakan terkait akreditasi PS, nilai yang terbaik dan terakreditasi. (syf/pwn).
Nama Penulis : Syarif Hidayatullah, S.Pd
Program Studi : Sp-1 Anestesiologi
Nama Editor : dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked
Tanggal Penulisan : 12 Juli 2023