BeritaKegiatanPendidikPeserta Didik

Satu Langkah Menuju Kemenangan | Pelaksanaan Kegiatan Maju Usulan Penelitian Proposal Peserta Didik Anestesiologi FK ULM

Kegiatan Maju Usulan Proposal dr. Yoram Yudhatama

Banjarmasin – Usulan Penelitian Proposal menjadi salah satu syarat wajib untuk kelulusan peserta didik, maka dari itu setiap peserta didik khususnya yang berada di semester 8 wajib melakukan maju usulan proposal. Pada Senin (08/05/2023) pukul 10.00 WITA telah dilaksanakan kegiatan maju usulan proposal yang di bacakan oleh peserta didik atas nama dr. Yoram Yudhatama sebagai penyaji/calon peneliti. Rangkaian kegiatan ini di lakasanakan di Ruang Kuliah Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FK ULM – RSUD Ulin Banjarmasin secara (hybrid) langsung dan menggunakan media zoom meeting berlangsung selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

Usulan Proposal ini di hadiri oleh Dr. dr., Kenanga Marwan Sikumbang, Sp.An-TI, Subsp. N. An. (K). selaku Pembimbing Utama/I sekaligus Koordinator Program Studi yang berhadir secara langsung, Prof. Dr. dr. Triawanti, M.Kes selaku Pembimbing II berhadir secara online melalui media zoom meeting, dr. Alfi Yasmina, M.Kes , M.Pd.Ked, M.Sc, Ph.D selaku Penguji Utama/I yang berhadir secara online melalui media zoom meeting, Dr. dr. Dewi Indah Noviana Pratiwi, M.Kes, Sp.PK selaku Penguji II berhadir secara online melalui media zoom meeting, dr. Rapto Hardian, Sp.An-TI, Subsp. An. Kv (K) selaku Penguji III berhadir secara langsung, serta para konsulen/dosen dan para peserta didik Program Studi Spesialis Anestesiologi FK ULM yang ikut berhadir baik itu secara online ataupun secara langsung.

Foto Bersama Kegiatan Maju Usulan Penelitian Proposal dr. Yoram Yudhatama dengan Para Pembimbing dan Penguji serta Dosen Lainnya

Kegiatan maju proposal ini mengusung judul “Perbandingan Rasio Neutrofil Limfosit dan Neutrofil Limfosit Platelet Sebagai Prediktor AKI Pacabedah” dengan rumusan masalah sebagai berikut :

Bagaimanakah perbandingan rasio neutrofil-limfosit (RNL) dengan rasio neutrofil-limfosit platelet (RNLP) sebagai prediktor dini pada pasien pascabedah pada kelompok AKI dan non AKI di RSUD Ulin Banjarmasin?

kemudian tujuan dari penelitian ini terbagi menjadi dua bagian yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, tujuan umum dari penelitian ini adalah 

Untuk menganalisis perbandingan rasio neutrofil-limfosit platelet, rasio neutrofil-limfosit antara kejadian AKI dan non AKI pascabedah di ICU RSUD Ulin Banjarmasin. 

Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah ; 

  1. Menghitung rasio neutrofil-limfosit (RNL) prabedah dan pascabedah pada kelompok AKI di ICU RSUD Ulin Banjarmasin;
  2. Menghitung rasio neutrofil-limfosit platelet (RNLP) prabedah dan pascabedah pada kelompok AKI di ICU RSUD Ulin Banjarmasin; 
  3. Menganalisa perbandingan rasio neutrofil-limfosit (RNL) dan rasio neutrofil-limfosit platelet (RNLP) prabedah dan pascabedah pada kelompok AKI di ICU RSUD Ulin Banjarmasin.

Dan manfaat dari penelitian ini terdapat dua bagian yaitu ; a. Manfaat teoritis : Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan mengenai perbandingan rasio neutrofil-limfosit platelet dan rasio neutrofillimfosit darah dengan kreatinin serum pada AKI dan non AKI pascabedah; b. Manfaat praktis : Manfaat praktis penelitian ini adalah sebagai upaya deteksi dini AKI pascabedah dan pencegahan morbiditas dan mortalitas pasien pascabedah. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan dan pertimbangan kepada praktisi kesehatan, terutama dokter anestesi dan terapi intensif di ICU RSUD Ulin Banjarmasin dalam mengevaluasi kondisi pasien pascabedah.

  Usulan penelitian proposal ini masih berupa usulan yang mana masih bersifat sementara dan masih ada kemungkinan perubahan-perubahan yang akan terjadi sesuai kritik dan saran dari Pembimbing dan Penguji. Adapun berita acara pada usulan penelitian proposal  ini adalah dinyatakan lanjut dengan perbaikan oleh ketua sidang dalam hal ini yaitu Pembimbing Utama (syf/pwn).

Nama Penulis : Syarif Hidayatullah, S.Pd

Program Studi : Sp-1 Anestesiologi

Nama Editor : dr. Pandji Winata Nurikhwan, M.Pd.Ked

Tanggal Penulisan : 11 Mei 2023

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *